SBY mengaku bangga terhadap infrastuktur jembatan kelok 9 yang megah dan indah. Dia pun mengatakan, jembatan kelok 9 merupakan ikon konstruksi yang monumental.
"Kemarin saya tinjau Jembatan Kelok 9 yang kokoh, megah dan indah, hasil karya anak bangsa yang membanggakan, bagi yang belum lihat langsung, datanglah. Saya percaya akan menambah rasa bangga terhadap Indonesia. Sebuah ikon konstruksi yang monumental," tutur Presiden SBY dalam sambutannya di Padang, Kamis (31/10/2013).
Sehari sebelumnya, Presiden SBY didampingin Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 melakukan peninjaunan beberapa proyek infrastruktur di Sumatera, termasuk jembatan kelok 9.
Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, jembatan tersebut dirancang dan dibangun oleh putra-putri Indonesia dengan konsep green construction dan menggunakan produksi dalam negeri.
"Pembangunan Jembatan ini dilakukan dengan pendekatan green construction mengingat jembatan ini terletak di kawasan Suaka Alam yaitu di wilayah lembah dan pengunungan Bukit Barisan. Jembatan Kelok 9 dibangun karena kondisi jalan tersebut sebelumnya sangat sempit dengan radius tikungan yang sangat kecil sehingga tidak lagi mampu mengakomodasi kendaraan-kendaraan besar," papar Djoko.
Djoko menjelaskan, pekerjaan jembatan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tahun 2003 โ 2011 dengan membangun empat buah jembatan yaitu jembatan nomor 3, 4, 5 dan 6 sepanjang 699 Meter, sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada tahun 2012โ2013 dengan membangun dua jembatan yaitu jembatan nomor 1 dan 2 sepanjang 244 Meter.
Khusus yang berada di kawasan suaka alam pembangunannya dilakukan melalui persetujuan Menteri Kehutanan, dengan beberapa persyaratan terkait pengembalian ke kondisi awal serta pemeliharaan semasa konstruksi dan pasca konstruksi.
Sementara
itu Menteri Koordinasi Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan bahwa
pembangunan Jembatan Kelok 9 menjadi sebuah kebutuhan mengingat jalur
Padang - Dumai atau Bukittinggi - Pekanbaru sangat strategis untuk
mendukung pertumbuhan ekonomi sebagaimana dinyatakan dalam pertemuan IMS
- GT (Indonesia - Malaysia - Singapura Growth Triangle).
Seiring laju pertumbuhan lalu lintas dari Bukittinggi โ Pekanbaru, yang sudah mencapai ยฑ 6% pertahun dengan rata - rata 7.900 kendaraan perhari, kata Hatta, peningkatan kapasitas jalan pada ruas tersebut menjadi sebuah kebutuhan, disamping untuk mengurangi waktu tempuh.
Selain Jembatan Kelok 9, beberapa proyek yang diresmikan adalah pembangunan Intake dan Jaringan Transmisi Air Baku Batang Karimo di Kabupaten Sijunjung, 3 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) ibukota kecamatan (IKK) (SPAM IKK Sarilamak di Kab. Limapuluh Kota, SPAM IKK Limau Manis (UNAND) di Kota Padang, dan SPAM IKK Inderapura di Kab. Pesisir Selatan) serta TPA Regional Payakumbuh dan Istana Pagaruyung (disini Kementerian PU ikut membangun Ruang Terbuka Hijau).
sumber | wowunic.blogspot.com | http://finance.detik.com/read/2013/10/31/152218/2400652/4/sby-sebut-jembatan-kelok-sembilan-begitu-megah-indah-dan-membanggakan?991104topnews
Seiring laju pertumbuhan lalu lintas dari Bukittinggi โ Pekanbaru, yang sudah mencapai ยฑ 6% pertahun dengan rata - rata 7.900 kendaraan perhari, kata Hatta, peningkatan kapasitas jalan pada ruas tersebut menjadi sebuah kebutuhan, disamping untuk mengurangi waktu tempuh.
Selain Jembatan Kelok 9, beberapa proyek yang diresmikan adalah pembangunan Intake dan Jaringan Transmisi Air Baku Batang Karimo di Kabupaten Sijunjung, 3 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) ibukota kecamatan (IKK) (SPAM IKK Sarilamak di Kab. Limapuluh Kota, SPAM IKK Limau Manis (UNAND) di Kota Padang, dan SPAM IKK Inderapura di Kab. Pesisir Selatan) serta TPA Regional Payakumbuh dan Istana Pagaruyung (disini Kementerian PU ikut membangun Ruang Terbuka Hijau).


sumber | wowunic.blogspot.com | http://finance.detik.com/read/2013/10/31/152218/2400652/4/sby-sebut-jembatan-kelok-sembilan-begitu-megah-indah-dan-membanggakan?991104topnews
No comments:
Post a Comment