Sebut saja diantaranya Jembatan Banpo di Korea Selatan, Pontcysyllte Aqueduct di Wales, Briare Aqueduct di Perancis dan lain sebagainya. Anda penasaran? Ini dia lima jembatan air yang melintas diatas air. Mari kita simak bersama-sama!
1. Jembatan Banpo, Korea Selatan
Banpo Bridge atau yang lazim kita sebut Jembatan Banpo adalah jembatan utama di pusat kota Seoul di atas Sungai Han, Korea Selatan, yang menghubungkan Kota Seocho dan Yongsan. Jembatan ini di atas Jamsu Bridge yang membentuk dek ganda di bagian atas jembatan. Ini merupakan jembatan dek ganda pertama yang dibangun di Korea Selatan, sekaligus sebagai jembatan air mancur terpanjang di dunia yang ditetapkan oleh Guinness World Record. Uniknya, jembatan Jamsu pun masih berfungsi sebagai mana mestinya.
Selain itu, jembatan ini sengaja dirancang untuk tenggelam selama musim hujan yang tinggi, seperti dek bawah yang terletak dekat dengan permukaan air. Jembatan ini dibangun sebagai jembatan gelagar dan selesai pada tahun 1982. Kemudian pada tanggal 9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani operasi facelift besar-besaran dengan memasang sebuah air mancur 10.000 selang yang membentang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit dengan menggunakan air sungai yang ada di bawahnya. Sejak tahun 2009, jembatan ini mulai beralih menjadi sebuah objek wisata menarik.
2. Pontcysyllte Aqueduct, Wales
Terletak di Wrexham County Borough, Inggris, dibangun antara 1795 dan 1805 di atas lembah Sungai Dee untuk menghubungkan tambang batubara dari Denbighshire ke sistem saluran nasional melalui Kanal Ellesmere selama Revolusi Industri. Pontcysyllte Aqueduct adalah salah satu prestasi terbesar di dunia saat itu. Selama lebih dari 200 tahun, Pontcysyllte Aqueduct adalah saluran air yang terpanjang dan tertinggi di Inggris, dan saat ini menjadi Situs Warisan Dunia. Memiliki panjang 307 meter, lebar 3,4 meter dan kedalamam 1,60 meter, serta merupakan bagian dari 18 kilometer panjang sistem saluran air. Terdiri dari palung besi cor 38 meter di atas sungai didukung rusuk besi melengkung yang tersambung pada sembilan belas tiang batu berongga.
Penggunaan
kedua cor dan besi tempa di saluran air memungkinkan pembangunan
lengkungan yang ringan dan kuat , menghasilkan efek keseluruhan yang
bersifat monumental dan elegan. Pengaruh ekonomi dari kanal untuk
wilayah itu cukup besar selama paruh pertama abad ke-19, memungkinkan
perkembangan pesat dari ekstraksi batubara, logam, tambang batu gamping,
dan produksi kapur. Tambang batu tulis dari pegunungan Welsh dan
pertanian juga diuntungkan dengan adanya kanal. Saat ini, kanal tidak
lagi dipergunakan untuk mengankut kargo batubara dan batu kapur, tetapi
merupakan tempat yang populer bagi wisatawan. Sejak 1954 kanal telah
dikelola dan dipelihara dalam kondisi dilayari oleh British Waterways.
3. Briare Aqueduct, Perancis
4. Edstone Aqueduct, Inggris
5. Stanley Ferry Aqueduct
sumber | digali.blogspot.com
3. Briare Aqueduct, Perancis
By Michel CLAIR (« œuvre personnelle » (own work en anglais).) [CC-BY-SA-2.5], via Wikimedia Commons
Briare
Aqueduct adalah saluran kanal Lateral à la Loire di atas Sungai Loire
pada yang menuju Sungai Seine di Perancis. Saluran air ini menggantikan
sungai-penyeberangan dari kanal untuk memenuhi Canal Briare yang
berbahaya pada saat banjir. Antara 1896 dan 2003 itu adalah navigasi
saluran air terpanjang di Dunia sampai pembukaan Magdeburg Water Bridge,
Jerman. Ini adalah bagian dari Canal Lateral à la Loire, tidak seperti
yang umum diyakini, Kanal Briare. Saluran air ini dirancang oleh
insinyur Leonce - Abel Mazoyer dan Charles Sigault. Pemasangan batu dan
dermaga diselesaikan antara tahun 1890 dan tahun 1896 oleh Gustave
Eiffel dan saluran baja diselesaikan oleh Daydé & Pille of Creil.
Saluran air ini diresmikan pada 16 September 1896 dengan penyeberangan
perahu Aristide, milik Ernest Guingamp. Ini memungkinkan pengembangan
transportasi ke pengukur Freycinet antara Loire dan Seine, dan merupakan
monumen bersejarah yang terdaftar di Perancis.4. Edstone Aqueduct, Inggris
By David Stowell [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Edstone
Aqueduct merupakan satu dari tiga saluran air sepanjang 6 kilometer di
Warwickshire. Semua yang tidak biasa bahwa saluran ini berada di tingkat
bawah kanal. Edstone adalah saluran air terpanjang di Inggris.
Melintasi jalan kecil, Birmingham dan kereta api North Warwickshire juga
trackbed bekas Jalan kereta api Alcester. Ada pipa dari sisi kanal yang
memungkinkan lokomotif untuk menyedot air dan mengisi tangki loco.
Beberapa gambar yang sangat baik dari saluran air dengan tangki
lokomotif yang diisi dari kanal dapat ditemukan di situs web
Warwickshire Railways.5. Stanley Ferry Aqueduct
By Dr Neil Clifton [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Stanley
Ferry Aqueduct dibangun antara 1836 dan 1839 di West Yorkshire,
Inggris. Ini adalah salah satu jembatan lengkung yang pertama di dunia
dan dianggap rentang saluran air terpanjang yang terdapat di dalam besi
cor. Dirancang oleh George Kulit Sr dan dibangun oleh H. McIntosh , dan
masih digunakan sampai sekarang , meskipun tambahan saluran air beton
yang lebih luas dibangun bersama dan jembatan kemudian direnovasi pada
tahun 1981. Stanley Ferry juga merupakan tempat mengangkut batubara
menggunakan perahu dari collieries antara 1863 dan 1985 dan diangkut ke
Goole di kereta panjang melalui kanal. Selain itu, jembatan ini juga
merupakan salah satu dari tiga tempat penyeberangan bersejarah yang
menyeberangi Sungai Calder dekat Wakefield. Karena air itu diperdalam
untuk memudahkan lalu lintas feri, tetapi digantikan oleh jembatan
pertama pada tahun 1879.
sumber | digali.blogspot.com