Menurut M Abidin, GM After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, bentuk lubang-lubang yang ada pada rem cakram berfungsi untuk mengurangi panasnya logam tersebut saat pengereman berkali-kali.
"Fungsi lubang ini untuk mengurangi bobot dan memperluas penampang pelepasan panas saat mengerem. Diameter piringan dan lebar pad (kampas) menentukan besarnya tenaga pengereman," ujar Abidin seperti yang dikutip dari Otosia (7/9).
Fungsi lubang pada rem cakram juga membuatnya lebih baik ketimbang tromol, sebab sistemnya terbuka. Berbeda dengan rem tromol yang posisinya tertutup. Kampas rem menempel ke tromol roda yang mengakibatkan daya pengereman hanya sebesar 70 persen saja.
Karena tidak menggunakan sistem pengerem terbuka, maka rem tromol gampang terkena panas. yang disebabkan oleh perangkat rem model tertutup. Lebih lanjut, apabila menerjang banjir rem tidak akan pakem lagi karena perangkat rem di penuhi air.
sumber | republished by Halo Unik !
No comments:
Post a Comment