Spoiler for Kalimat Pembuka:
Era
Motor sport 2-Tak memang sudah lama berlalu, Namun ternyata hingga kini
masih ada lho Produk 2-Tak yang masih dijual bahkan masih diproduksi.
Yaa benar! Hanya si Motor Kentjang Ninja 150 Series lah
yang mampu bertahan di derasnya arus modernisasi ini. Hentakan
Torsinya, Gemerincing Knalpotnya, Tampangnya yang kini Makin Rupawan
serta Performanya yang Yahud dibanding Motor 4-Tak lainnya mampu membius
Para Fanatik Speedlovershingga masa kini.
Namun, Sejak dulu ternyata banyak loh yang lebih OK dari Ninja 150 Series, Bahkan bisa dibilang Ninja 150 yang sekarang ga ada apa-apanya dibanding Motor yang segera kita bahas. Apa saja itu ?
Yuk Mari Diurut-urut #ehh
Dirunut satu persatu…
Namun, Sejak dulu ternyata banyak loh yang lebih OK dari Ninja 150 Series, Bahkan bisa dibilang Ninja 150 yang sekarang ga ada apa-apanya dibanding Motor yang segera kita bahas. Apa saja itu ?
Yuk Mari Diurut-urut #ehh
Dirunut satu persatu…
Spoiler for 1. Yamaha TZM 150:

Motor ini layak disebut sebagai Motor Eksotis di jamannya. Lihat saja lekukan Body nya yang aduhai, Headlamp Mungil nan Imut-imut & Desain Keseluruhannya yang terlihat Eksotis. Eitss, Tapi jangan salah, Dibalik motor yang bertampang manis ini ternyata mengandung unsur garang yang serem lho Bray… Lihat saja pada performanya, Dijamin bikin jantung berdebar loh. Motor 2-Tak yang pernah masuk Indonesia secara CBU ini, Menggendong mesin 2-Tak Liquid-Cooled Berkapasitas 150cc ditambah system YPVS (Yamaha Power Valve System) Mampu memuntahkan Output Power hingga 36 PS ! (Gendeng pisann).
Berikut Sedikit Info Spesifikasinya :
Model : TZM 150
Engine : 2 Tak, Single Cylinder, Liquid Cooled, YPVS System
Kapasitas Silinder : 147 cc
Bore & Stroke : 59 X 54 mm
Max Power : 35,3 HP @ 10.500 Rpm
Max Torque : 25 N.m @ 9,500 Rpm
Starter Sytem : Electric
Lubrication System : Wet Sump
Transmissi : 6 Speed Chain Driven
Panjang : 1,965mm
Lebar : 685mm
Tinggi : 1,100mm
Jarak Sumbu Roda : 1,330 mm
Tinggi Jok : 765mm
Berat Kosong : 119kg
Suspensi Depan : Telescopic,Coil spring, Oil damped
Suspensi Belakang : Swingarm, Coil spring, Oil Damped
Rem Depan : Disc
Rem Belakang : Disc
Ban Depan : 90/80 -17 46S
Ban Belakang : 110/80 – 17 57S
Pengapian : Electronic CDI
Kapasitas Tangki BBM : 13 Liter
Spoiler for 2. Suzuki RG150 II (RGV Gamma):

Motor ini memang gaungnya lebih kecil dibanding kontestan pertama tadi. Masyarakat Indonesia mungkin hanya mengenal RGR150 (generasi pertama) yang merupakan versi awal dari motor ini.
Motor ini diciptakan dengan garis keturunan layaknya RGV250 Gamma, Oleh
karena itu performa RG150 II ini performanya sangat timpang bila
dibandingkan RGR150. Tengok saja Mesinnya, Walaupun masih 2-Tak 150cc
namun kini telah menggunakan Liquid Cooled & Suzuki AETC System (Automatic Exhaust Timing Control System) yang
mampu mendongkrak tenaga kuda pacu Suzuki 150cc ini. Terbukti, Output
Tenaganya menjulang tinggi hingga 37 HP dan Torsi 25 N.m (Wuihh, Bisa
Jengkang-jengkang nih setiap narik gaspoll).
Namun sayangnya Suzuki tidak memasarkan produk ini ke Tanah Air, Mengingat kala itu Krisis Moneter sedang melanda Indonesia. Tetapi menurut Pengamatan EA’s Blog, Ternyata ada pengimpor yang memboyong Motor ini ke Indonesia, Walaupun jumlahnya tak sebanyak TZM/NSR namun Produk RG150 II Gamma ini tetap maknyuss pisann….!
Berikut tambahan spesifikasinya :
Model : RG150 II Gamma
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Suzuki AETC System
Kapasitas Silinder : 148 cc
Bore x Stroke : 61 x 50.6 mm
Rasio Kompresi : 6.8 : 1
Penyuplai BBM : Mikuni TM28 SlingShot
Pengapian : CDI
Max Power : 37 HP @ 10800 Rpm
Max Torque : 25 N.m @ 10000 Rpm
Sistem Lubrikasi : Tipe Basah
Kopling : Manual, Tipe Basah Majemuk
Transmisi : 6 Speed
Starter system : Kick Starter
Sasis : (SRFB) Suzuki Racing Frame Box
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Banana Swing Arm, Single shock
Rake / Trail:25 degrees / 94 mm (3.7 inches)
Ban Depan : 90/90 – 17
Ban Belakang : 110/90 – 17
Rem Depan : Single 290 mm Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Single 210 mm Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston
Panjang : 2,005 m
Lebar : 0,660 m
Tinggi :1,140 m
Tinggi Jok : 0,775 m
Jarak Sumbu Roda :1,335 m
Kapasitas Tangki BBM : 14 Liter
Berat Kosong : 122 Kg

Bisa dibilang, Inilah leluhur dari Kawasaki Ninja 150 yang masih beredar hingga saat ini. Apabila dilihat dari tampilan sih, Ya jelas kalah jauh bila dibanding Ninja 150 masa kini. Tapi lihat dulu spek performanya, Ninja KRR-SE adalah produk Kawasaki yang berkolaborasi dengan Produsen Racing PDK & Tsukigi, Oleh karena itu walaupun sama-sama 2-Tak 150cc tapi KRR-SE mampu memuntahkan Output Power hingga 40 PS Loh Brosist ! (Bandingkan Ninja 150 Sekarang yang cuma 30 PS). Hal ini terwujud berkat adanya Blok Silinder Gold PDK, Knalpot Special Made-in Tsukigi & Teknologi HI-KIPS (Ninja 150 sekarang menggunakan Super KIPS yang diatur manual menggunakan kombinasi Gear, Sedangkan HI-KIPS sudah menggunakan ECU layaknya YPVS pada Yamaha TZM).
Berikut Sedikit Info Spesifikasinya :
Model : Kawasaki KRR-SE PDK
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Hi-KIPS
Kapasitas Silinder : 148 cc
Rasio Kompresi : 8 : 1
Bore x Stroke : 59 x 54,4 mm
Penyuplai BBM : Keihin PWL28
Max Power : 39,2 HP @ 11.000 Rpm
Max Torque : 26 N.m @ 10.000 Rpm
Knalpot : Special Made By Tsukigi Racing
Blok Silinder : Special Made by PDK Racing
Berat Kosong : 121 Kg


nah.. ini nih motor 2-stroke idaman TS
Bisa dibilang inilah Motor 150cc paling Mutakhir, Powerfull dan Stabil. Versi NSR SP adalah versi upgrade dari NSR New RR Astra yang mendapat sedikit “sentuhan” Divisi Racing Honda yakni HRC. Maka hasilnya pun sudah bisa ditebak, Sebuah Motor Powerfull, Berpenampilan Mutakhir dan Memiliki Handling diatas Motor sejenis menjadi Trademark Produk Berlabel SP ini. Sebagai dapur pacunya Motor ini mengendong Mesin 2-Tak 150 cc dengan dukungan RC-Valve yang mampu menyemburkan Output Power sebesar 39,5 PS dan Torsi sebesar 27,5 N.m (Wow banget Broosist !). Tak hanya itu, Motor ini juga menggunakan Frame & Mono-Arm (Single Swing Arm) yang Identik dengan kakaknya NSR250SP NC28 Plus Livery Honda Repsol Edition (Makjossssss Brotherr !!!).
Dan berikut sedikit Info Spesifikasinya :
Model : NSR 150 SP
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Honda RC Valve System
Kapasitas Mesin :149cc
Bore x Stroke :59 x 54.5 mm
Max Power : 38,7 HP @ 10.500 Rpm
Max Torque : 27,5 N.m @ 10.000 Rpm
Transmisi : 6 Speed Return
Pengapian : Electronic CDI Unit
Panjang : 1,970 m
Lebar : 0,685 m
Tinggi : 1,060 m
Jarak Sumbu Roda : 1,355 m
Berat :122 Kg
Ban Depan : 90/80 – 17
Ban Belakang : 130/80 – 17
Pendapat pribadi TS sih "Motor Kencang Ga Harus 2silinder, Tapi Cukup 2-Stroke" Untuk review, gue belum ada data yg valid, jadi bagi kaskuser yg punya pengalaman mengendarai motor-motor
sumber | digali.blogspot.com
Namun sayangnya Suzuki tidak memasarkan produk ini ke Tanah Air, Mengingat kala itu Krisis Moneter sedang melanda Indonesia. Tetapi menurut Pengamatan EA’s Blog, Ternyata ada pengimpor yang memboyong Motor ini ke Indonesia, Walaupun jumlahnya tak sebanyak TZM/NSR namun Produk RG150 II Gamma ini tetap maknyuss pisann….!
Berikut tambahan spesifikasinya :
Model : RG150 II Gamma
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Suzuki AETC System
Kapasitas Silinder : 148 cc
Bore x Stroke : 61 x 50.6 mm
Rasio Kompresi : 6.8 : 1
Penyuplai BBM : Mikuni TM28 SlingShot
Pengapian : CDI
Max Power : 37 HP @ 10800 Rpm
Max Torque : 25 N.m @ 10000 Rpm
Sistem Lubrikasi : Tipe Basah
Kopling : Manual, Tipe Basah Majemuk
Transmisi : 6 Speed
Starter system : Kick Starter
Sasis : (SRFB) Suzuki Racing Frame Box
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Banana Swing Arm, Single shock
Rake / Trail:25 degrees / 94 mm (3.7 inches)
Ban Depan : 90/90 – 17
Ban Belakang : 110/90 – 17
Rem Depan : Single 290 mm Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Single 210 mm Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston
Panjang : 2,005 m
Lebar : 0,660 m
Tinggi :1,140 m
Tinggi Jok : 0,775 m
Jarak Sumbu Roda :1,335 m
Kapasitas Tangki BBM : 14 Liter
Berat Kosong : 122 Kg
Spoiler for 3. Kawasaki Ninja KRR-SE PDK 150 :

Bisa dibilang, Inilah leluhur dari Kawasaki Ninja 150 yang masih beredar hingga saat ini. Apabila dilihat dari tampilan sih, Ya jelas kalah jauh bila dibanding Ninja 150 masa kini. Tapi lihat dulu spek performanya, Ninja KRR-SE adalah produk Kawasaki yang berkolaborasi dengan Produsen Racing PDK & Tsukigi, Oleh karena itu walaupun sama-sama 2-Tak 150cc tapi KRR-SE mampu memuntahkan Output Power hingga 40 PS Loh Brosist ! (Bandingkan Ninja 150 Sekarang yang cuma 30 PS). Hal ini terwujud berkat adanya Blok Silinder Gold PDK, Knalpot Special Made-in Tsukigi & Teknologi HI-KIPS (Ninja 150 sekarang menggunakan Super KIPS yang diatur manual menggunakan kombinasi Gear, Sedangkan HI-KIPS sudah menggunakan ECU layaknya YPVS pada Yamaha TZM).
Berikut Sedikit Info Spesifikasinya :
Model : Kawasaki KRR-SE PDK
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Hi-KIPS
Kapasitas Silinder : 148 cc
Rasio Kompresi : 8 : 1
Bore x Stroke : 59 x 54,4 mm
Penyuplai BBM : Keihin PWL28
Max Power : 39,2 HP @ 11.000 Rpm
Max Torque : 26 N.m @ 10.000 Rpm
Knalpot : Special Made By Tsukigi Racing
Blok Silinder : Special Made by PDK Racing
Berat Kosong : 121 Kg
Spoiler for 4. Honda NSR 150 SP:


nah.. ini nih motor 2-stroke idaman TS
Bisa dibilang inilah Motor 150cc paling Mutakhir, Powerfull dan Stabil. Versi NSR SP adalah versi upgrade dari NSR New RR Astra yang mendapat sedikit “sentuhan” Divisi Racing Honda yakni HRC. Maka hasilnya pun sudah bisa ditebak, Sebuah Motor Powerfull, Berpenampilan Mutakhir dan Memiliki Handling diatas Motor sejenis menjadi Trademark Produk Berlabel SP ini. Sebagai dapur pacunya Motor ini mengendong Mesin 2-Tak 150 cc dengan dukungan RC-Valve yang mampu menyemburkan Output Power sebesar 39,5 PS dan Torsi sebesar 27,5 N.m (Wow banget Broosist !). Tak hanya itu, Motor ini juga menggunakan Frame & Mono-Arm (Single Swing Arm) yang Identik dengan kakaknya NSR250SP NC28 Plus Livery Honda Repsol Edition (Makjossssss Brotherr !!!).
Dan berikut sedikit Info Spesifikasinya :
Model : NSR 150 SP
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Honda RC Valve System
Kapasitas Mesin :149cc
Bore x Stroke :59 x 54.5 mm
Max Power : 38,7 HP @ 10.500 Rpm
Max Torque : 27,5 N.m @ 10.000 Rpm
Transmisi : 6 Speed Return
Pengapian : Electronic CDI Unit
Panjang : 1,970 m
Lebar : 0,685 m
Tinggi : 1,060 m
Jarak Sumbu Roda : 1,355 m
Berat :122 Kg
Ban Depan : 90/80 – 17
Ban Belakang : 130/80 – 17
Pendapat pribadi TS sih "Motor Kencang Ga Harus 2silinder, Tapi Cukup 2-Stroke" Untuk review, gue belum ada data yg valid, jadi bagi kaskuser yg punya pengalaman mengendarai motor-motor
sumber | digali.blogspot.com
No comments:
Post a Comment