Diantara deretan karya masterpiece yang diciptakan Bugatti, ternyata ada juga mobil paling lambatnya.
Selama ini dunia mengenal Bugatti sebagai salah satu produsen penghasil mobil super sportternama. Setiap line-up produknya hampir dipastikan tidak pernah kurang dari memiliki tenaga 1.000 horse power, full aerodynamic serta berharga sangat mahal. Namun jika kita sedikit kembali ke masa lalu, ternyata Bugatti juga pernah menjual mobil terpelan dan terkecil.
Adalah Bugatti Type 68, kendaraan roda empat keluaran Bugatti yang dilengkapi mesin dibawah 1.000 cc, lebih tepatnya hanya memiliki kapasitas isi silinder 318 cc. Yup! 318 cc, selisih 68 cc dari Honda CBR250 (roda dua).
Secara resmi Bugatti memproduksi Type 68 hanya selama 3 tahun dari mulai 1942 hingga 1945. Sehingga, mobil kecil ini jumlahnya di dunia sangat terbatas bahkan super langka. Bahkan, diantara Type 68 yang diproduksi dengan rentang tahun tersebut hanya dibuat 1 unit saja.
Sejatinya, jantung pacu Bugatti Type 68 ditawarkan dengan dua pilihan mesin bensin serta terdiri dari dua model dengan atap dan tanpa atap (convertible). Model 68 generasi pertama (1940 sampai 1944) ditawarkan dengan mesin kecil 318 cc, 4 silinder, 16 katup, berpasokan bahan bakar sistem karburator dengan tenaga maksimum sebesar 48 Hp.
Lalu pada 1945 Bugatti menyematkan mesin 381 cc, 8 katup untuk model 68B, namun tidak banyak data yang dapat diungkap mengenai mobil kedua yang juga terlahir setelah Perang Dunia ke-2 ini. Type 68 memiliki jarak sumbu roda 2,2 meter, dengan keseluruhan total berat bodi sekitar 400 kg.
Sekarang, bandingkan dengan produk Bugatti terkini yakni Bugatti Veyron Super Sport produksi 2010, bermodalkan mesin 8.000 cc, V12. Mesin ini sanggup melontarkan tenaga kuda sebanyak 1.100 hp. Akselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya 2,4 detik. Sementara menembus jarak sejauh 402 meter membutuhkan waktu 9,9 detik dengan kecepatan (234,6 km/jam).
sumber | digali.blogspot.com
No comments:
Post a Comment