125cc Super ngebut dari Honda.

icon18_edit_allbkg




Honda RC149.!!!
.com/blogger_img_proxy/
belom pernah denger ya? wkwkwk

yup.! motor ini bisa dibilang adalah sepupunya Honda RC 166 yang sukses menjuarai Isle Of Man tahun 1960-an di kelas 250cc bersama Mike Hailwood.
Tak ingin tersaingi dikelas 125cc Honda pun merelease motor sadis ini (RC149)
.com/blogger_img_proxy/
Motor ini didaulat untuk menggantikan versi sebelumnya yaitu Honda RC148 yang masih memiliki kekurangan disisi daya tahan & vibrasi mesin. . . Upgrade tersebut bukanlah tanpa sebab, Mengingat yang harus dihadapi RC149 adalah motor balap super 2-Tak dari pabrikan Yamaha & Suzuki yang saat itu sedang berjaya. . . Sejujurnya hal ini adalah hal yang mustahil, Dimana seharusnya untuk bisa mengalahkan motor 2-Tak, diperlukan motor 4-Tak dengan kubikasi (cc) yang 2 x lipat, Mengingat cara kerja mesin 2-Tak yang hanya 1/2 kali cara kerja mesin 4-Tak. .

Dan bagaimana kah ilmuwan-ilmuwan Honda menembus batas mustahil tersebut?
Soichiro Irimajiri membuat konsep mesin 4-Tak yang mampu menggapai RPM 2x lipat dari redline motor balap 2-Tak saat itu. . . Namun hal tersebut dirasa oleh pabrikan lain adalah sebuah pemikiran yang bodoh, Mengingat kala itu motor 2-Tak kompetitor rata-rata memiliki redline diatas 10.000 RPM. . . So, Honda kudu membuat motor yang mampu meraung diatas 20.000 RPM dengan kubikasi sekelas bebek & skutik (125cc) di tahun 1960-an. . . Pusing..Pusing dah lo

Berbekal mesin RC148(versi sebelumnya) yang berkonfigurasi inline 5 silinder, Irimajiri mendesain ulang seluruh bagian crankcase dan blok silindernya menggunakan bahan baku utama yang super duper ringan yaitu Magnesium. Bore x Stroke pun dirombak ulang menjadi 35,5 x 25,14 mm dengan total kapasitas silinder sebesar 125cc.
Sementara konfigurasi mesinnya masih menganut Inline 5 Silinder DOHC 20 Valves, Dengan Sistem penyuplai BBM 5 Karburator Keihin 18mm yang mungil. . . Bukan hanya karburatornya saja yang mungil, Bahkan hampir seluruh part milik RC149 berukuran sangat kecil-kecil banget lohh.com/blogger_img_proxy/
.com/blogger_img_proxy/
.com/blogger_img_proxy/
Mini but Maxi.. Di sektor frame, Honda RC149 tak mengalami perubahan signifikan dari RC148. . . Namun berkat masukkan dari pembalap Swiss yang penuh talenta Luigi Taveri , Sektor suspensi Honda RC149 ini mengalami ubahan agar tak terlalu liar saat dipacu dalam kecepatan tinggi. . .com/blogger_img_proxy/

Dibekali Penggerak Noken as tipe Gear (Gear-Driven Camshaft) plus Transmisi 8 Percepatan, Hasil Riset Honda yang satu ini sangat mengerikan Brosist. . . Honda RC149 mampu memuntahkan maksimum power hingga 35 HP @ 20.500 RPM. Ane ulangi sekali lagi..
35 HP @ 20.500 RPM.
35 HP @ 20.500 RPM.
Sementara itu Redline Maksimumnya berada di 22.000 RPM !!! Gilaaaaaaa !!
Catatan Top Speed RC149 ini mampu meraih lebih dari 210 Km/h pada tahun 1966 !! Josssss.!!!!!

Tambahan gambarnya nih gan, sekilas emang identik dengan Honda RC 166
.com/blogger_img_proxy/
.com/blogger_img_proxy/

Bagaimana dengan suaranya?? Kalo ente pernah baca trit ane tentang Honda RC 166, ya kurang lebih identik, cuma si RC 149 suaranya lebih menggelegar & lebih kacau lagi.!
Meledak-ledak gitu gan.. juoss tenan, bikin kuping bindeng nih..

sumber | digali.blogspot.com


No comments:

Post a Comment



backtotop