Head of Ancillary Income AirAsia Indonesia, Adelheid Helena Bokau menyatakan, klaim keterlambatan ini berlaku untuk semua pelanggan yang membeli tiket promo melalui program Karnaval AirAsia. Syaratnya, calon penumpang membeli paket AirAsia Insurance senilai Rp 19 ribu.
"Kita berusaha membuat sesuatu yang berbeda, dan ini bagian upaya untuk mengatasi masalah keterlambatan pesawat," kata Adelheid Bokau kepada wartawan di Grand Aston City Hall, Jl Balai Kota No 1, Medan, Senin (7/10/2013).
Kompensasi ini, kata Adelheid, di luar ketentuan ganti rugi Rp 300 ribu jika pesawat delay selama 4 jam sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011. Sementara jika keterlambatan pesawat lebih dari 6 jam, penumpang AirAsia akan diberikan kompensasi yang lain lagi.
"Kita tidak ingin dan berupaya keras agar pesawat tidak delay karena jika delay kita juga rugi. Tetapi jika delay ini kompensasi yang akan kita berikan. Ini strength point AirAsia," katanya.
Adelheid menyebutkan, mereka sudah melakukan benchmarking, membandingkan program ini dengan maskapai lainnya. Menurutnya, tidak ada maskapai lain yang berani memberikan kompensasi untuk keterlambatan selama satu jam.
sumber | wowunic.blogspot.com | http://travel.detik.com/read/2013/10/07/145434/2380074/1382/pesawat-airasia-telat-1-jam-penumpang-dapat-rp-600-ribu?991104topnews